masih amatir

Sabtu, 16 Maret 2013

Pantai Kuta Lombok

         Nama Pantai Kuta tidak hanya ada di Pulau Bali, tetapi ada pantai yang bernama Kuta juga di Pulau Lombok. Pantai ini termasuk pantai terindah di Indonesia karena keasrian dan belum banyak pengunjung datang ke pantai ini.

          Pantai indah ini ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta. Salah satu keunikan Pantai Kuta Lombok adalah pasir putihnya yang begitu unik berbentuk seperti butiran-butiran merica yang sangat sulit kita temukan di daerah wisata pantai lainnya, Butiran pasir inilah yang membuat kebanyakan pengunjung betah berlama-lama di Pantai. Selain pasirnya yang unik di pantai ini juga terdapat deretan bukit-bukit yang menjulang berukuran sedang, Deretan-deretan perbukitan inilah yang menciptakan perpaduan warna yang molek diantara birunya air laut dan putihnya pasir pantai.


Pantai Kuta Lombok


            Selain keindahan pantai yang dapat dinikmati di desa ini, satu kali dalam setahun selalu diadakan upacara adat suku Sasak di desa Kuta ini, yaitu upacara Bau Nyale. Upacara ini para pelaut mencari cacing Nyale di laut.

            Menurut legenda, dahulunya ada seorang putri, bernama Putri Mandalika, yang sangat cantik, banyak pangeran dan pemuda ingin menikah dengannya. Karena sang Putri tidak dapat mengambil keputusan, maka ia terjun ke laut. Ia berjanji sebelumnya ia akan kembali satu kali dalam setahun. Rambutnya yang panjang kemudian menjadi cacing Nyale tersebut.


Upacara Bau Nyale

         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar